Setting Speedy

Minggu, 26 April 2009



CUSTOMER SERVICE - FAQ



Cara Berlangganan

Apabila Anda ingin berlangganan Speedy, Anda dapat mendaftarkan diri anda ke:

  1. Plasa Telkom terdekat.
  2. Telepon ke TELKOM 147 (Contact Centre).

Yang disiapkan Telkom

Dengan memilih Speedy sebagai solusi kebutuhan akses internet Anda maka anda akan mendapatkan Layanan dari TELKOM sbb :

  1. Instalasi spliter di customer premises (sisi rumah pelanggan).
  2. Garansi Kecepatan Akses Internet sampai dengan Broadband RAS.
  3. Garansi Kecepatan Akses Internet sampai dengan Broadband RAS
  4. Akses Internet melalui ISP TELKOMNET

Tidak bisa melakukan koneksi ke Speedy

  1. Matikan modem beberapa saat lalu hidupkan kembali.
  2. Tanyakan ke customer service Speedy, apakah terjadi gangguan masal.

Sudah terkoneksi ke Speedy, tetapi tidak bisa browsing

  1. Lakukan tes dial tone dengan mengangkat handset pesawat telepon dan pastikan terdengar nada pilih (dial tone). Lakukan langkah ke-2.
  2. Deteksi LAN card dengan menonaktifkan (disable) lalu di aktifkan kembali dengan mengklik Enable (Control Panel - Network Connection - LAN Connection).
  3. Sebaiknya aplikasi internet browser diupdate dengan versi terbaru.
  4. Pastikan PC tidak terkena virus.

Belum pernah terhubung ke Speedy/setting terhapus

  1. Lakukan konfigurasi modem ADSL melalui aplikasi berbasis web yang disediakan oleh produsennya. Jika kurang jelas hubungi vendor/toko tempat Anda membeli modem.
  2. Lihat apakah ada perubahan user & password Speedynya. Jika tidak, lakukan langkah ke-3.
  3. Jika PC Anda terinfeksi virus, hilangkan virusnya terlebih dahulu.
  4. Lakukan koneksi ke Speedy dengan memasukkan user & password.
  5. Rebooting PC Anda, pastikan bahwa LAN card sudah terdeteksi dengan tampilnya icon Network Connection di pojok kanan bawah.

Koneksi ke Speedy sering putus

  1. Lakukan tes dial ke nomor telepon tertentu.
  2. Jika suara saluran telepon Anda tidak bersih (kemrosok), hubungi customer service atau 147 dan mintalah perbaikan jaringan.

Apa yang dimaksud dengan Speedy?

Speedy adalah nama produk PT Telkom yang merupakan layanan akses internet dengan kecepatan tinggi yang memiliki kemampuan akses untuk kecepatan upstream sebesar 64 kbps, sedangkan downstream sebesar 384 kbps dan 512 kbps, serta dapat melakukan percakapan telepon secara bersamaan saat melakukan akses internet.

Apa itu ADSL?

ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) adalah suatu teknologi modem yang bekerja pada frekuensi antara 34 kHz sampai 1104 kHz. Inilah penyebab utama perbedaan kecepatan transfer data antara modem ADSL dengan modem konvensional (yang bekerja pada frekuensi di bawah 4 kHz).
Keuntungan ADSL adalah memberikan kemampuan akses internet berkecepatan tinggi dan suara/fax secara simultan (di sisi pelanggan dengan menggunakan splitter untuk memisahkan saluran telepon dan saluran modem).

Apakah nomor telepon ISDN bisa ADSL?

Sementara ini pelanggan ISDN masih belum bisa dilayani ADSL, akan tetapi apabila masuk cakupan daerah layanan ADSL maka bisa dilayani dengan terlebih dahulu melakukan pasang baru telepon biasa (POTS).

Mengapa nomor telepon saya tidak bisa ADSL?

Ada beberapa sebab kenapa nomor telepon Anda tidak bisa dilayani ADSL, antara lain :

  1. Di area sentral tersebut belum terpasang perangkat DSLAM ADSL.
  2. Jaringan telepon menggunakan jaringan kabel optik. Misalnya: ONU, DLC dll.
  3. Jaringan tembaga yang digunakan kurang baik kualitasnya dan tidak ada jaringan cadangan untuk dipindah salurannya.

Apa yang membedakan Speedy dengan Telkomnet Instan?

Speedy sangat berbeda dengan Telkomnet Instan walaupun jaringan kabel yang dipakai sama. Perbedaannya antara lain :

  1. ADSL bisa melewatkan komunikasi suara dan data secara simultan, sedangkan koneksi Telkomnet Instan hanya dapat melewatkan salah satunya (data saja atau suara saja).
  2. Band frekuensi yang dipakai berbeda. POTS menggunakan band frekuensi 0,3 - 32 kHz sedangkan ADSL menggunakan 34 kHz - 1104 kHz.
  3. Kecepatan transfer data (upstream/downsteram) jauh berbeda.
  4. Tarif Telkomnet Instan dihitung berdasarkan durasi, sedangkan tarif Speedy dihitung berdasarkan usage (volume data).

Bagaimana cara mendapatkan modem ADSL?

Modem ADSL banyak dijual di pasaran, dengan variasi harga dari sekitar Rp 600 ribu sampai dengan Rp 3 juta.

Faktor apa saja yang membedakan harga modem?

Modem dibedakan dari beberapa aspek, antara lain:

  1. Kemudahan dari sisi setting mulai dari yang harus menginstalasi driver sampai yang dapat disetting melalui browser.
  2. Jenis koneksi, dari yang menggunakan koneksi USB, koneksi ethernet, gabungan USB dan ethernet, sampai dengan akses wireless.
  3. Kemampuan fitur, dari yang hanya memiliki setting VCI dan VPI sampai dengan yang memiliki kemampuan menjalankan fungsi router seperti: NAT, routing, access list, dan sebagainya.

Bagaimana cara memilih modem ADSL yang baik?

Tips untuk mendapatkan modem ADSL yang baik adalah sebagai berikut:

  1. Apakah modem tersebut digunakan untuk beberapa PC atau hanya satu PC. Jika untuk satu PC cukup modem dengan 1 port USB dan atau 1 port ethernet, tetapi apabila akan digunakan untuk beberapa PC maka bisa digunakan modem yang dilengkapi dengan beberapa port ethernet (berfungsi sebagai hub).
  2. Gunakan modem yang compatible dengan sistem operasi dari PC anda seperti Windows atau Linux. Dari pengalaman di lapangan ada beberapa jenis modem USB yang tidak compatible dengan Windows 98 atau Windows 2000.
  3. Jika memiliki dana yang cukup lebih baik menggunakan modem yang memiliki kemampuan setting melalui web karena dapat dioperasikan dengan berbagai jenis sistem operasi dan browser serta mudah dalam pengoperasiannya.

Bagaimana cara melakukan setting modem yang benar?

Cara setting modem ADSL adalah sebagai berikut:

  1. Ada jenis modem yang settingnya menggunakan CD driver yang tersedia dalam paket pembelian, dan ada modem yang settingnya melalui browser (misalnya Internet Explorer).
  2. ika modem bisa disetting melalui browser, maka setting dilakukan dengan mengakses alamat http://192.168.1.1, http://10.0.0.2, atau alamat lainnya sesuai dengan petunjuk dalam buku manualnya. User dan password juga disertai di buku manual.
  3. Setelah masuk ke menu setting maka masukkan parameter berikut:
    • PVC Configuration = VCI : 35, VPI : 0
    • Service Category = UBR Without PCR
    • Protocol / Connection type = PPPoE
    • Encapsulation = LLC / Snap-Bridging
  4. Pada PC (pada Local Area Connection Properties), masukkan parameter berikut:
    • Pilih Obtain an IP address automatically
    • Preferred DNS Server : 202.134.1.10
    • Alternate DNS Server : 202.134.0.155

Kenapa bandwidth maksimum tidak bisa mencapai 384 kbps atau 512 kbps?

Karena adanya protocol overhead, seperti: Ethernet header, PPPoE (point to point protocol over ethernet) header, dan lain sebagainya.
(Area Sumatera, Jawa Timur, Bali)

Apakah perbedaan modem USB dan modem router ?

  • Modem USB : Menggunakan kabel USB untuk koneksi ke komputer, tidak menggunakan catuan listrik terpisah (Catuan listrik diambil dari kabel USB komputer), User ID dan Password diinputkan di Memory Komputer pada menu login Internet, Modem akan mati jika komputer mati , harga lebih murah dibanding modem router. Modem jenis ini sangat rentan terhadap performansi PC, shg kalau PC terganggu mis ada virus, maka modem akan terganggu dan harus diresetting.
  • Modem Router : Menggunakan kabel RJ45 (kabel UTP) untuk koneksi ke komputer, menggunakan catuan listrik terpisah (ada adaptor yang mencatu power dari modem), pada tipe tertentu, dapat disharing dengan lebih dari 1 (satu) komputer, User ID dan Password diinputkan di memory modem pada saat dilakukan setting awal, modem tidak otomatis mati jika komputer dimatikan.Secara umum kehandalan modem router tidak terpengaruh terhadap performansi PC.

Apa yang dimaksud dengan usage, download dan upload ?

  • Usage adalah Jumlah byte yang digunakan ketika melakukan aktivitas akses internet
  • Download adalah aktifitas akses internet untuk memindahkan data/file/aplikasi yang ditransfer oleh mesin setelah pengguna internet melakukan request terhadap data/file/aplikasi tersebut pada satu halaman web.
  • Upload adalah aktivitas pengguna internet ketika melakukan request terhadap suatu data/file/aplikasi di suatu halaman web.

Apa yang dimaksud dengan downstream dan upstream ?

  • Downstream adalah kecepatan aliran data ketika pelanggan melakukan download dengan maksimum kecepatan sampai dengan ADSL Connection Speednya (384/512 Kbps).
  • Upstream adalah kecepatan aliran data ketika pelanggan melakukan upload dengan maksimum kecepatan sampai dengan 64 Kbps.

Apa yang dimaksud dengan satu session pada data usage ?

  • Suatu session adalah periode pencatatan billing usage Speedy yang dimulai sejak pelanggan/modem melakukan login (ditunjukkan dengan mendapat IP Publik di modemnya) dan diakhiri ketika pelanggan logout atau terkena idle time out oleh BRAS.

Apakah Virtual Port ID (VPID) di www.plasa.com dan apa tujuannya ?

  • Merupakan Unique Number yang merepresentasikan Port yang selalu digunakan oleh pelanggan Speedy ketika koneksi internet. Informasi yang ditampilkan tidak dapat langsung menunjukkan port fisik (di DSLAM), perlu analisa mapping Virtual Port ID dengan port fisik.
  • Tujuannya : Mengindikasikan si pelanggan menduduki port tertentu, kalau VPID berbeda, perlu ditelusuri apakah pernah terjadi gangguan sehingga dilakukan test port atau change port oleh petugas back room, atau terjadi pemakaian dari tempat lain

Bagaimana dengan Password bocor ?

  • Adalah suatu kasus dimana user ID yang sama digunakan oleh pelanggan yang berbeda akibat password yang digunakan diketahui oleh pelanggan lainnya. Kasus ini dapat dibuktikan / dianalisa dengan melakukan pengecekan port yang digunakan oleh pelanggan dan ditemukan port yang berbeda dengan session yang bergantian, atau bahkan overlap.

Apakah usaha yang dilakukan oleh Telkom untuk kasus Username/password dipakai oleh orang lain (password bocor) ?

  • Saat ini DIVRE-2 sudah melakukan Bounding Port yang bertujuan agar user name/password tidak dapat digunakan dari port yang berbeda. Hal ini dilakukan dengan menginputkan data VPID pelanggan kedalam Data Base Authentikasi, sehingga item check authentikasi terdiri dari kombinasi username, password dan VPID.

Pemakaian/usage tinggi dalam satu session, wajarkah ?

  • Cek port yang digunakan oleh pelanggan pada setiap session melalui info pemakaian di www.plasa.com (kolom Virtual Port ID). Pastikan data yang dianalisa hanya DATA VALID (VPID sama)
  • Lakukan perhitungan untuk analisa usage dengan asumsi sebagai berikut :
    • Utk pelanggan Heavy Internet :
      1. Kecepatan Downstream maksimum adalah 512 kbps = 64 Kbyte per detik (1 byte = 8 bit)
      2. Kecepatan upstream maksimum adalah 64 kbps = 8 Kbyte per detik
      3. Maksimum USAGE yang dapat terjadi setiap detik adalah 64 + 8 = 72 Kbyte
    • Utk pelanggan Light dan Medium :
      1. Kecepatan Downstream maksimum adalah 384 kbps = 48 Kbyte per detik (1 byte = 8 bit)
      2. Kecepatan upstream maksimum adalah 64 kbps = 8 Kbyte per detik
      3. Maksimum USAGE yang dapat terjadi setiap detik adalah 48 + 8 = 56 Kbyte

Hal-hal apa sajakah yang mempengaruhi besaran usage ?

  • Usage dipengaruhi oleh upload dan download. Tergantung kepada web/situs yang diakses, menonton film, mendengar lagu dan mengakses situs yang menampilkan banyak animasi bergerak membutuhkan usage yang besar.
  • Virus, spam dan sejenisnya juga dapat mengenerate usage dan dihitung sebagai pemakaian / usage pelanggan .

Session sedikit dalam 1 (satu) bulan dan setiap session berhari-hari, bisa dijelaskan ?

  • Cek port yang digunakan oleh pelanggan pada setiap session melalui info pemakaian di www.plasa.com (kolom Virtual Port ID). Pastikan data yang dianalisa hanya DATA VALID (VPID sama).
  • Kecenderungannya terjadi pada pelanggan yang menggunakan Modem Router dimana
    i. Modem tidak pernah dimatikan
    II. Kualitas Modem bagus
    iii. Kualitas Jaringan Bagus
    iv. Listrik dikantor tidak pernah mati.
  • Treatment yang harus dilakukan pelanggan adalah :
    v. Secara rutin pelanggan harus mematikan modem setiap selesai menggunakan internet / setelah kantor tutup.
    vi. Lakukan monitoring penggunaan Speedy di plasa.com

Apakah speedy dapat berfungsi bila telepon yang akan ditumpangi pakai PABX?

  • Speedy dapat dipasang dengan telepon PABX, caranya filter/splitter dipasang diantara Kotak Terminal Batas (KTB) dan perangkat PABX. Sinyal suara masuk ke PABX dan sinyal data masuk ke modem ADSL.

Hal apa saja yang mempengaruhi kestabilan koneksi speedy ?

  • Beban traffic di jaringan speedy, kualitas jaringan local yang menghubungkan modem pelanggan ke jaringan speedy serta kesehatan PC (bebas virus) yang digunakan oleh user speedy.

Bagaimana mekanisme pencatatan usage speedy ?

  • Ketika pelanggan login/menyalakan modem (untuk modem router), billing system akan mencatat user id yang digunakan, waktu start session dan IP Address yang diberikan.
  • Ketika pelanggan logout/mematikan modem (untuk modem router), billing system akan mencatat user id yang digunakan, waktu stop session dan jumlah usage (upload dan download).
  • Billing system akan mengirimkan data lengkap session pelanggan ini (setelah pelanggan logout) ke data base di Plasa.com untuk dapat dilihat oleh pelanggan. Proses pengiriman data dilakukan setiap 10 menit.
  • Setelah satu bulan, seluruh data pemakaian per pelanggan diakumulasikan untuk diproses tagihannya.

Apakah layanan speedy menyediakan fasilitas email account?

  • Layanan speedy tidak menyediakan fasilitas email account. Pelanggan speedy dapat membuat email account secara gratis dengan kapasitas 3 MB di mail hosting seperti www.mail.telkom.net atau www.plasa.com.

Faktor yang membedakan harga modem


Modem dibedakan dari beberapa aspek, antara lain:

  • Kemudahan dari sisi setting mulai dari yang harus menginstalasi driver sampai yang dapat disetting melalui browser.
  • Jenis koneksi, dari yang menggunakan koneksi USB, koneksi ethernet, gabungan USB dan ethernet, sampai dengan akses wireless.
  • Kemampuan fitur, dari yang hanya memiliki setting VCI dan VPI sampai dengan yang memiliki kemampuan menjalankan fungsi router seperti: NAT, routing, access list, dan sebagainya

Berapakah Bandwith maksimum yang didapat :

  1. Untuk line rate 384 kbps, bandwidth maksimum yang didapatkan mendekati 337 kbps.
  2. Untuk line rate 384 kbps, throughput rata-rata (kecepatan download) yang bisa didapatkan sekitar 40 Kb/s.
  3. Untuk line rate 512 kbps, bandwidth maksimum yang didapatkan mendekati 450 kbps.
  4. Untuk line rate 512 kbps, throughput rata-rata (kecepatan download) yang bisa didapatkan sekitar 52 Kb/s.

Saya berlangganan speedy limited dan pada pemakaian saya di www.plasa.com terdapat IP Address yang berbeda-beda. Apakah speedy saya dipakai oleh orang lain ?

  1. Untuk kasus IP Address yang berbeda-beda bukan menunjukkan speedy Anda dipakai dari port yang berbeda. Untuk pelanggan speedy limited Telkom menyediakan IP dinamic, artinya Telkom menyediakan IP Pool (sejumlah blok IP) yang dapat dipakai oleh user secara acak.

IP dinamic yang didapat dari Telkom sudah beberapa kali kena blok smtp server Telkom karena dianggap sebagai IP yang dipakai untuk mengirim email spam oleh www.spamhaus.org sehingga kami gagal mengirim email. Mengapa hal ini bisa terjadi ?

  1. Permasalahan blocking dari spamhaus memang menjadi permasalahan kita bersama, karena banyak pihak yang terkait dalam permasalahan ini. Blocking dari spamhaus ini dilakukan memang bukan pada user internet yang menyebarkan spam virus, namun pada IP yang digunakan oleh user tersebut. Pada IP dinamic terdapat resiko mendapatkan IP yang sebelumnya sudah pernah digunakan oleh user lain yang menyebarkan virus spam walaupun PC nya sudah bebas dari spam virus, IP yang digunakan masih dianggap sebagai sumber virus. Untuk solusi ke depan, akan kami siapkan smtp server khusus untuk pelanggan speedy yang security spammingnya tidak menggunakan referensi spamhaus.org, sehingga lebih memudahkan untuk mengelolanya.
  2. Untuk pelanggan unlimited yang mendapatkan IP Publik (Static) ada panduan yang dapat diikuti sebagai berikut :

    Jika pelanggan mengalami pemblokiran IP atau gagal kirim email, coba ikuti langkah berikut :

    Informasi yang perlu diketahui adalah sbb :
    1. Jika pelanggan menggunakan Speedy, limited apa unlimited ?
    2. Berapa IP Publik pelanggan yang terkena blokir ? Atau saat pelanggan gagal kirim mail, IP Publik berapa yang sedang digunakan ?
    3. Lanjutkan dengan : <>
    4. Tanyakan IP gateway/IP WAN/mailserver pelanggan . Dan cek IP tersebut di [atau pelanggan dapat lakukan sendiri] :
      - http://www.spamhaus.org/sbl/index.lasso bagian "Lookup IP Address" [bawah]
      - http://cbl.abuseat.org/lookup.cgi
      - http://www.dnsstuff.com bagian "Spam Database Lookup" [isian di tengah bagian atas], atau
      - http://openrbl.org pada kotak tengah pilih JS/DOM Client

      Bila ternyata IP Pelanggan :
      - LISTED --> ikuti link-link tersebut dimana IP tersebut ter-list, dan [pelanggan] pelajari mengapa sampai IP pelanggan masuk dalam blocklist [dan pelanggan solusikan sendiri, kategori CPE ? CMIIW]
      - NOT LISTED --> ke step 3
  3. Cek kondisi mail client pelanggan [kategori CPE juga mestinya, CMIIW].<>

    >Atau minta ke pelanggan untuk download Stinger di http://vil.nai.com/vil/stinger/ . Dan jalankan file tersebut untuk melakukan

    > scanning VIRUS pada terminal pelanggan.

    Demikian disampaikan sebagai informasi, dan untuk keperluan secara spesifik sehubungan dengan terblokirnya suatu IP, dapat kontak abuse@telkom.net.id dengan menyebutkan IP yang terblokir, dan mohon untuk tidak ada attachment.

Kenapa speedy sering lambat ?

  • Untuk kasus speedy lambat, langkah yang perlu dilakukan oleh user adalah memantau log file koneksi di modem, jika tone telepon normal namun koneksi di PPP tidak berhasil maka gangguan ada di jaringan Telkom. Segera laporkan ke 147. Namun jika PPP sudah up, namun masih belum dapat IP, maka masalah ada pada sisi network broadband. Sedangkan jika PPP up , IP sudah didapat koneksi speedy lambat, dan PC Anda sudah bebas dari virus, hal ini semata-mata padatnya traffic pada peak hour. Diluar peak hour koneksi speedy akan normal kembali.

Kantor kami menggunakan Speedy dan dari report tagihan ada periode upload dan download yang terjadi terjadi di luar jam kantor yakni di atas jam 19 sampai jam 7 pagi keesokan harinya bahkan hari Sabtu dan Minggu. Apakah data pencatatan pihak Telkom benar?

  • Modem yang Anda gunakan kemungkinan besar adalah modem router. Modem router akan selalu tersambung ke internet selama modemnya tidak dimatikan (walaupun PC dimatikan). Jika terjadi gangguan pada koneksi dan hubungan terputus, maka modem akan berusaha untuk melakukan koneksi secara otomatis dengan login kembali ke jaringan (hal ini karena user ID dan Password tersimpan di modem). Sebab itu, selalu mendisiplinkan untuk mematikan modem setiap kali tidak digunakan adalah solusi yang kami sarankan.

Parameter apakah yang menjadi perhitungan tagihan ?

  • Perhitungan tagihan speedy didasarkan atas jumlah usage volume data (Byte usage) dari aktivitas upload dan download. Data usage setiap session dicatat dalam satuan Byte dan setiap akhir periode billing, diakumulasikan pemakaiannya dan dikonversi ke Mbyte dengan pembulatan ke bawah. Dengan menggunakan data hasil akumulasi inilah dilakukan perhitungan tagihan dan untuk perhitungan kelebihan pakainya, disesuaikan dengan jenis layanan masing-masing.

Dimanakah saya dapat melihat besarnya usage saya secara real time ?

  • Dapat dilihat di www.plasa.com dengan menginputkan login : nomor_speedy dan password : telkom (default). Data login dan password ini berbeda dengan login dan password untuk koneksi speedy Anda.
  • Bila password sudah Anda ubah dan lupa,, hubungi 147 bagian speedy.
  • Sama dengan pertanyaan sebelumnya...

Pada satu session tercatat usage yang berhari-hari padahal saya tidak menggunakan terus-menerus, apa yang menyebabkan ini?

Hal ini sering terjadi pada tipe modem router, dilakukan klarifikasi cara memutuskan koneksi ternet yang dilakukan oleh pelanggan.

  1. Pelanggan hanya mematikan komputer => Koneksi internet masih belum putus karena modem masih hidup sekalipun pelanggan tidak menggunakannya untuk browsing.
  2. Pelanggan mematikan komputer dan modemnya => koneksi internet sudah putus dengan benar. Untuk kasus ini perlu investigasi mendalam oleh petugas Telkom yang dilakukan bersama-sama dengan pelanggan di lokasi pelanggan / kunjungan pelanggan.
    . (confidential : cek history file dari komputer yang menggunakan koneksi internet, cek setting modem yang digunakan oleh pelanggan) kemudian lakukan isolir port pada periode pengamatan tertentu yang disepakati => ekskalasi hasil investigasi ke UBS).

Kasus adanya pemakaian over lapping antar session ?

  • Cek port yang digunakan oleh pelanggan pada setiap session melalui info pemakaian di www.plasa.com (kolom Virtual Port ID). Pastikan data yang dianalisa hanya DATA VALID yaitu VPID sama dan kecenderungannya terjadi pada pelanggan yang menggunakan Modem Router. Kalau VPID berbeda, telah terjadi kebocoran password, segera datang ke plasa terdekat dengan membawa resi pembayaran terakhir untuk proses klaim billing.
  • Kasus overlap terjadi karena pencatatan di BRAS untuk session logout lebih lambat (menunggu idle time out BRAS) dari pada login time session berikutnya. Ini karena masalah teknis setup koneksi PPP antara modem dengan BRAS. Maksimal overlap adalah 10 menit.

Bila saya berlangganan speedy dengan ISP di luar Telkom biaya apa saja yang harus saya bayar ?

  • Ada dua tagihan yang harus dibayar oleh pelanggan yaitu :
    1. Ke Telkom : Biaya aktivasi dan biaya bulanan link beserta biaya over kuota Speedy Access bila ada (Rp 500,- per Mbyte)
    2. Ke ISP : Biaya aktivasi dan biaya bulanan akses internet beserta biaya over kuota bila ada. (Sesuai dengan tarif kelebihan pemakaian masing-maisng ISP)

Mengapa tarif speedy relatif mahal ?

  • Hal yang membuat tarif speedy masih mahal adalah masih belum banyaknya Content local/domestik yang diakses oleh pelanggan speedy, sehingga sebagian besar pelanggan speedy mengakses situs luar negeri yang berakibat besarnya kebutuhan sewa bandwith ke luar negeri yang masih mahal.

Mengapa di www.plasa.com sering terdapat duplikasi pemakaian start time dan ending time yang sama tetapi pada session yang berbeda ?

  • Hal ini lebih karena kesalahan / gangguan di sistem tampilan web plasa.com, dan pada saat proses perhitungan billing, session ini tidak akan dihitung sebagai pemakaian

(Area Jabodetabek, Serang, Purwakarta)

Untuk line rate 384 kbps, berapa bandwidth maksimum yang saya dapatkan?

Mendekati 337 kbps.

Untuk line rate 384 kbps, berapa throughput (kecepatan download) yang bisa saya dapatkan?

Sekitar 40 KB/s.

Untuk line rate 512 kbps, berapa bandwidth maksimum yang saya dapatkan?

Mendekati 450 kbps.

Untuk line rate 512 kbps, berapa throughput (kecepatan download) yang bisa saya dapatkan?

Sekitar 52 KB/s.

Kenapa bandwidth maksimum tidak bisa mencapai 384 kbps atau 512 kbps?

Karena adanya protocol overhead, seperti: Ethernet header, PPPoE (point to point protocol over ethernet) header, dan lain sebagainya.

Labels: